RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (11)
Sekolah : SMP ....
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : 7 / Genap
Standar
Kompetensi : 11. Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar : 11.1. Menjelaskan arti kerja kerasa, tekun, ulet
dan teliti.
Indikator :
1.
Menjelaskan
pengertian kerja keras
2.
Menjelaskan
pengertian tekun
3.
Menjelaskan
pengertian ulet
4.
Menjelaskan
pengertian teliti
5.
Menunjukkan,
membaca dan mengartikan dalil tentang kerja keras
6.
Menunjukkan,
membaca dan mengartikan dalil tentang tekun
7.
Menunjukkan,
membaca dan mengartikan dalil tentang ulet
8.
Menunjukkan,
membaca dan mengartikan dalil tentang teliti
9.
Menjelaskan manfaat
kerja keras dalam kehidupan sehari-hari
10.
Menjelaskan manfaat
tekun dalam kehidupan sehari-hari
11.
Menjelaskan manfaat
ulet dalam kehidupan sehari-hari
12.
Menjelaskan manfaat
teliti dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu :
1 X Pertemuan ( 2 X 40 menit )
Siswa
dapat :
1.
Menjelaskan
pengertian kerja keras
2.
Menjelaskan
pengertian tekun
3.
Menjelaskan
pengertian ulet
4.
Menjelaskan
pengertian teliti
5.
Menunjukkan,
membaca dan mengartikan dalil tentang kerja keras
6.
Menunjukkan,
membaca dan mengartikan dalil tentang tekun
7.
Menunjukkan,
membaca dan mengartikan dalil tentang ulet
8.
Menunjukkan,
membaca dan mengartikan dalil tentang teliti
9.
Menjelaskan manfaat
kerja keras dalam kehidupan sehari-hari
10.
Menjelaskan manfaat
tekun dalam kehidupan sehari-hari
11.
Menjelaskan manfaat
ulet dalam kehidupan sehari-hari
12.
Menjelaskan manfaat
teliti dalam kehidupan sehari-hari
B. Materi Pokok :
Kerja keras, tekun, ulet dan teliti
- Kerja
keras adalah upaya dengan sungguh-sungguh
- Tekun dan ulet merupakan salah
satu kunci kesuksesan
- Teliti dalam setiap
pekerjaanatau upaya mengurangitingkat kesalahan yang akhirnya akan
meminimalisir kerugian
C. Model Pembelajaran :
Ceramah. Learning
community, unjuk kerja
D.
Langkah-langkah pembelajaran :
No
|
Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Sumber
Pembelajaran
|
1
|
Pendahuluan
a. Mengadakan
appersepsi
b. Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.
Tadarus
|
10 menit
|
|
2
|
Kegiatan
Inti
a. Secara
individu siswa membaca dan memahami materi tentang kerja keras dan tekun
b. Secara
kelompok siswa mendiskusikan tentang kerja keras dan tekun
c. Seorang siswa
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan
kelompok lain
d. Guru memberi
penjelasan dan kesimpulan dari pemahasan materi tentang kerja keras, dan
tekun
e. Guru memberi
nilai dari hasil penilaian kelompok.
|
60 menit
|
- Materi Aqidah
- Buku PAI kelas
VII
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama siswa melakukan refleksi
terhadap proses dan hasil belajar
b. Guru memberi tugas
|
10 menit
|
|
E. Sarana :
Papan konsep
F. Penilaian :
- Teknik :
1. Tes tulis
2.
Tugas Individu
b. Bentuk
Instrumen : 1. Uraian
2. Portofolio
c. Soal
ulangan tulis :
1. Jelaskan
pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti
2. Tunjukkan dalil
tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti
3. Jelaskan
manfaat kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan sehari-hari.
Nilai = Jumlah Skor yang diperoleh x 100 =
Jumlah Skor
maksimal
d. Tugas :
Tulis ayat-ayat Al-Quran dan hadits yang berkaitan dengan kerja
keras, ulet, tekun, dan teliti
Catatan :
Blitar, November 2009
Mengetahui
Guru
Pendidikan Agama Islam,
Kepala SMP ....
.................................................... ...................................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar