Rabu, 06 Juni 2012

RPP PAI KELAS 7 SEMESTER 2 KD Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat jum’at.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI KELAS 7 SEMESTER 2
                                   
Sekolah                       :  SMP ....
Mata Pelajaran            :  PAI
Kelas/Semester            :  7 / Genap                             
Standar Kompetensi   :  12. Memahami tatacara shalat jum’at.
Kompetensi Dasar       :  12.1Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat jum’at. 
Indikator                     : 
1.      Menyebutkan hal-hal yang menghalangi  shalat jum’at.
2.      Menunjukkan dalil naqli tentang shalat jum’at
3.      Menjelaskan hikmah shalat jum’at
Alokasi Waktu            :  1 X Pertemuan  ( 2 X 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :
      Siswa dapat :
  1. Menyebutkan hal-hal yang menghalangi  shalat jum’at.
  2. Menunjukkan dalil naqli tentang shalat jum’at
  3. Menjelaskan hikmah shalat jum’at

B. Materi Pokok :
Shalat Jum’at
  1. Hal-hal yang menghalangi shalat jum’at adalah : sakit, hujan lebat (menyulitkan untuk shalat jum’at), sedang dalam perjalanan (musafir).
  2. Dalil naqli tentang shalat jum’at :

$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) šÏŠqçR Ío4qn=¢Á=Ï9 `ÏB ÏQöqtƒ ÏpyèßJàfø9$# (#öqyèó$$sù 4n<Î) ̍ø.ÏŒ «!$# (#râsŒur yìøt7ø9$# 4 öNä3Ï9ºsŒ ׎öyz öNä3©9 bÎ) óOçGYä. tbqßJn=÷ès? ÇÒÈ  

” Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari jum’at maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. ” (QS Al-Jumu’ah : 9)
  1. Hikmah shalat Jum’ah : melatih disiplin,mendidik patuh taat kepada Allah SWT, menambah wawasan dan peningkaan pengetahuan,meningkatkan kerukunan dan persatuan di kalangan umat Islam, sebagai sarana komunikasi.

C. Model Pembelajaran :
      Ceramah, Learning community, unjuk kerja


D.  Strategi Pembelajaran :

No
Langkah–langkah Pembelajaran
Waktu
Sumber Pembelajaran
1



 Pendahuluan
a.       Mengadakan appersepsi
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran.
c.       Tadarus
10 menit



1.      Fiqih Sunnah
2.      Tuntutan
      Shalat     
3.      Buku PAI
 Klas VII
2
 Kegiatan Inti
a.       Secara individu siswa membaca dan menelaah  serta memahami materi tentang halangan dan hikmah shalat jum’at shalat jum’at.
b.      Secara kelompok mendiskusikan tentang  halangan dan hikmah shalat jum’at.
c.       Setiap kelompok mempresentaikan  hasil diskusi di depan kelas, dan kelompok lain memberi tanggapan 
d.      Guru memberi penjelasan dan kesimpulan  dari pembahasan ketentuan shalat jum’at
e.       Guru memberi nilai terhadap masing-masing kelompok .
60 menit


3
 Penutup
a.       Guru bersama siswa melakukan refleksi  terhadap proses dan hasil  belajar.
b.      Menugaskan siswa untuk menghafalkan  bilal jum’at
10 menit




E.  Penilaian :

  1. Teknik                   :     1. Tes tulis
                                                2. Tugas individu                                           

  1. Bentuk Instrumen :     1. Uraian
                                          2. Portopolio

  1. Soal ulangan tulis  :
                                                      1.   Sebutkan hal-hal yang menghalangi shalat jum’at
                                                      2.   Tulislah dalil naqli tentang shalat jum’at
                                                      3.   Sebutkan hikmah shalat jum’at

d.   Tugas                     :     Tulis ayat-ayat Al-Qur’an dn Hadits yang berkaitan dengan
                                                 shalat jum’at


Catatan :






                                                                              
                                                                                                Blitar,      November 2009
            Mengetahui                                                                 Guru Pendidikan Agama Islam,
            Kepala SMP ....




            ....................................................                                ...................................................
            NIP.                                                                            NIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar