RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (4)
Sekolah : SMP ....
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester :
7 / Ganjil
Standar
Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 4.1. Menjelaskan pengertian tawadlu’, taat, qonaah
dan sabar
4.2. Menampilkan contoh tawadlu’, taat, qonaah dan sabar
Indikator :
1.
Menjelaskan
pengertian tawadlu’
2.
Menjelaskan
pengertian taat
3.
Menjelaskan
pengertian qonaah.
4.
Menjelaskan pengertian
sabar.
5.
Menampilkan contoh tawadlu’
6.
Menampilkan contoh
taat.
7.
Menampilkan contoh
qonaah
8.
Menampilkan contoh sabar
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan
( 2 X 40 menit )
A. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menjelaskan
pengertian tawadlu’
- Siswa dapat menjelaskan
pengertian taat.
- Siswa dapat menjelaskan pengertian
qonaah.
- Siswa dapat menjelaskan
pengertian sabar
- Siswa dapat menampilkan
contoh-contoh perilaku tawadlu’ dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa dapat menampilkan
contoh-contoh perilaku taat dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa dapat menampilkan
contoh-contoh perilaku qonaah dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa dapat menampilkan
contoh-contoh perilaku sabar dalam kehidupan sehari-hari.
Sifat Terpuji (Tawadlu’, Taat, Qonaah dan Sabar)
- Tawadlu’ artinya rendah
diri, tidak sombong, tidak angkuh, tidak takabur
- Pengertian taat,
senantiasa menurut/patuh melaksanakan perintah, baik perintah agama, orang
tua maupun pemimpin.
- Pengertian Qona’ah,
menerima apa adanya, menerima dengan ikhlas apa yang telah diberikan/ditaqdirkan
oleh Allah kepada kita setelah melalui ikhtiar.
- Pengerian sabar, sifat
seseorang yang mau menahan diri.
- Contoh Tawadlu’, Dewa adalah
anak orang yang kaya raya, Ayahnya seorang pengusaha yang sukses, Dewa
tidak sombong dst.
- Contoh perilaku ta’at,
anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dia selalu menurut perintah
kedua orang tuanya.
- Contoh perilaku qona’ah, seseorang
selalu mensyukuri segala yang didapatnya dari Allah.
- Contoh perilaku sabar,
seseorang bila tertimpa musibah tetap tabah dan sabar.
C.
Model Pembelajaran :
Ceramah,
Learning community
D. Strategi Pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Sumber
Pembelajaran
|
1
|
Pendahuluan
a.
Melaksanakan
appersepsi
b.
Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.
Tadarus
|
10 menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu
siswa membaca dan memahami materi tentang sifat terpuji (qonaah dan sabar)
b.
Secara kelompok
siswa berdiskusi tentang sifat terpuji (qonaah dan sabar)
c.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok
lainnya.
d.
Guru memberi
kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu.
e.
Guru memberikan
penilaian terhadap masing-masing kelompok.
|
60 menit
|
1.Akhlak oleh
Barmawie
Umarie
2.Buku PAI
|
3
|
Penutup
a.
Mengadakan
refleksi
b.
Buatlah laporan
pengamatan tentang sifat tawadlu’, taat, qonaah dan sabar yang ada di
keluargamu
|
10 menit
|
-
|
E. Penilaian
a. Teknik : 1. Tes tulis dan tes lisan
2.
Tugas individu
b. Bentuk
Instrumen : 1. Uraian
2. Menyalin dalil
yang berkaitan dengan tawadlu’, taat, qonaah
dan sabar
c. Soal ulangan : 1. Jelaskan pengertian tawadlu’!
2. Jelaskan pengertian taat!
3. Jelaskan pengertian qonaah!
4. Jelaskan pengertian sabar!
5. Sebutkan contoh tawadlu’
6. Sebutkan contoh taat.
7. Sebutkan contoh qonaah.
8. Sebutkan contoh sabar.
d.
Tugas : 1.
Salinlah dalil tentang sifat tawadlu’, taat, qonaah dan sabar
2. Buatlah laporan pengamatan
tentang sifat tawadlu’, taat, qonaah
dan sabar yang ada di keluargamu
Catatan :
Blitar, November 2009
Mengetahui
Guru
Pendidikan Agama Islam,
Kepala SMP ....
.................................................... ...................................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar