Senin, 14 Mei 2012

RPP PAI SMP Kelas 7/ Ganjil KD Mempraktikan shalat jama’ah dan munfarid.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (7)
                                   
Sekolah                       :  SMP ....
Mata Pelajaran            :  PAI
Kelas/Semester            :  7 / Ganjil                             
Standar Kompetensi   :  7. Memahami tata cara shalat jama’ah dan munfarid.
Kompetensi Dasar       :  7.2.  Mempraktikan shalat jama’ah dan munfarid.
Indikator                     : 
                                       1.   Mempraktikkan shalat berjama’ah
                                       2.   Mempraktikkan shalat munfarid
Alokasi Waktu            :  1 X Pertemuan  ( 2 X 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa dapat mempraktikkan shalat berjama’ah
2.      Siswa dapat mempraktikkan shalat munfarid

B. Materi Pokok :
Shalat jama’ah dan munfarid
1.      Tata cara mempraktikkan shalat berjama’ah, imam berdiri di depan, imam mengatur shaf jama’ah, barisan shaf jama’ah, sesuaikan dengan ketentuan shalat berjama’ah.
2.      Tata cara mempraktikkan shalat munfarid, shalat yang dikerjakan sendirian, tidak ada imam dan tidak ada ma’mum

C.  Model Pembelajaran :
      Ceramah, Learning community, unjuk kerja

D.  Strategi Pembelajaran :

No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
Sumber Belajar
1
Pendahuluan
a.       Melaksanakan appersepsi
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.       Tadarus
10 menit
1.Fiqih Sunnah
2.Petunjuk
   Shalat
3.Buku PAI
   Kelas  VII
2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu  dalam kelompok  siswa memahami tata cara shalat jama’ah dan munf
b.      Masing-masing  kelompok memperagakan bentuk shaf shalat jama’ah
c.       Masing-masing kelompok mempraktikkan shalat berjama’ah .
d.      Masing-masing individu dalam kelompok  mempraktikkan shalat munfarid, dan diamati oleh teman sekelompoknya.
e.       Guru memberi penjelasan dan pengarahan  kepada siswa mengenai shalat jama’ah dan munfarid.
f.       Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok.
60 menit

3
Penutup
a.       Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.
b.      Siswa diberi tugas untuk memperbaiki pengalaman shalat berjama’ah dan munfarid.
10 menit


E.  Penilaian              :          
a.   Teknik                      :     1.  Tes tulis
                                             2.  Tugas individu
b.    Bentuk Instrumen   :     1 . Uraian
                                             2.  Menyalin

      d.   Pemberian tugas       :     1.  Praktikkan shalat berjama’ah
                                                   2.  Praktikkan shalat munfarid



Catatan :

                                                                                                 Blitar,      November 2009
            Mengetahui                                                                 Guru Pendidikan Agama Islam,
            Kepala SMP ....




            ....................................................                                ...................................................
            NIP.                                                                            NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar