Senin, 14 Mei 2012

RPP PAI SMP Kelas 7/ Ganjil KD Genap KD Membedakan hukum Nun mati/Tawin dan Mim mati


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (9)
                                   
Sekolah                       :  SMP ....
Mata Pelajaran            :  PAI
Kelas/Semester            :  7 / Genap                             
Standar Kompetensi   :  9. Menerapkan hukum bacaan Nun mati/Tanwin dan Mim mati.
Kompetensi Dasar       :  9.2.  Membedakan hukum Nun mati/Tawin dan Mim mati
Indikator                     : 
1.      Membedakan hukum Nun mati/Tawin dan Mim mati.
Alokasi Waktu            :  1 X Pertemuan  ( 2 X 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa dapat membedakan hukum Nun mati/Tawin dan Mim mati

B. Materi Pokok :
Hukum Bacaan Nun mati / Tanwin dan Mim mati
  1. Bacaan nun mati adalah apabila ada nun yang disukun bertemu dengan huruf-huruf hijaiyah
  2. Bacaan tanwin adalah : Tanda baca fathah tain, kasrohtain dan dhomah tanwin        
  3. Bacaan mim mati adalah apaila ada mim yang di sukun bertemu dengan huruf-huruf hijaiyah

C.  Model Pembelajaran :
Ceramah, unjuk kerja

D. Langkah-langkah pembelajaran
No
Langkah Pembelajaran
Waktu
Sumber Pembelajaran
1
Pendahuluan
a.       Mengadakan appersepsi
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.       Tadarus
10 menit

2
Kegiatan Inti
a.   Secara kelompok siuswa membaca dan memahami materi bacaan nun mati/ianwin dan mim mati
b. Secara individu dalam kelompok mempaktekkan macam-macam hukum bacaan nun mati/tanwin secara bergantian danyang lain memberi penilaian
c.   Guru memberikan penjelasan terhadap hukum bacaan nun mati/tanwin
d.   Guru memberi nilai dari hasil penialain kelompok
60 menit
-  Juz Amma
-  Ilmu Tajwid
-  Buku PAI kelas VII

3
Penutup
a.       Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.      Menugaskan siswa untuk mencari contoh bacaan. nun mati/tanwin dalam Al-Qur'an
10 menit


E.  Sarana :
Buku Tajwid, Juz Amma

F.   Penilaian
a.       Teknik                   :     Tes tulis
b.   Bentuk Instrumen    :              Uraian
c.   Soal ulangan tulis :     Apa pebedaan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati

Nilai  =   Jumlah Skor yang diperoleh x 100    =
                        Jumlah Skor maksimal

Catatan :

                                                            
                                                                                                Blitar,      November 2009
            Mengetahui                                                      :           Guru Pendidikan Agama Islam,
            Kepala SMP ....




            ....................................................                                ...................................................
            NIP.                                                                            NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar