RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1)
Sekolah :
SMP ....
Mata Pelajaran :
PAI
Kelas/Semester :
7 / Ganjil
Standar
Kompetensi : 1. Menerapkan hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Kompetensi Dasar : 1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah
Indikator : 1. Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan
“Al” Qamariyah
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan
( 2 X 40 menit )
A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat membedakan hukum “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah
B. Materi Pokok :
Hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Perbedaan
hukum bacaan “Al” Syamsiyah dengan “Al” Qamariyah terletak pada cara
membacanya, pada “Al” Syamsiyah “Al” tidak terbaca, sedangkan pada “Al”
Qamariyah “Al” terbaca.
C. Model Pembelajaran :
Ceramah,
Learning community, Inquirry
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Sumber
Pembelajaran
|
1
|
Pendahuluan
a.
Mengadakan
appersepsi
b.
Menjelaskan
kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan
pembelajaran
c.
Membaca QS At-Takaatsur
|
10 menit
|
|
2
|
Kegiatan inti
a. Secara individu siswa membaca dan memahami materi cara membaca”Al” Syamsiyah
dan “Al” Qomariayah.
b. Siswa bersama-sama kelompoknya berdidskusi untuk
mencari hukum bacaan”Al” Syamsiyah dan “Al” Qomariayah dalam QS At-Takaatsur
serta cara membacanya.
c.
Perwakilan masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
d.
Guru memberikan
klarifikasi dan penilaian terhadap masing-masing kelompok.
|
60 menit
|
1.Al-Quran
2.Buku tajwid
3.Buku PAI
Kelas VI
|
3
|
Penutup
a.
Melakukan
Refleksi
b.
Menugaskan siswa
untuk menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS At-Takaatsur dengan benar.
|
10 menit
|
-
|
E. Penilaian :
1. Teknik : a.
Tes Tulis / Lisan
b. Tugas Individu
2.
Bentuk Instrumen : a.
Uraian
b. Unjuk kerja
c. Menyalin
3. Instrumen :
a. Soal Ulangan Harian Tulis :
Jelaskan perbedaan hukum bacaan antara “Al” Syamsiyah
dengan “Al” Qamariyah
b. Soal Ulangan Harian Lisan
Bacalah Surat At-Takaatsur, An-Nas dan Al-Qoriah dengan benar.
Rubrik
penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Skor penilaian
|
||
Makhorijul huruf
|
Tajwid
|
Adabut tilawah
|
||
1
2
3
|
|
|
|
|
Nilai = Jumlah
skor yang di peroleh x 100 = ................
Jumlah skor
maksimal
c. Tugas Rumah di kerjakan di buku tugas.
1)
Carilah hukum
bacaan ”Al ” Syamsiyah dan ” Al” Qamariyah pada QS Adl-Dluha
2)
Carilah hukum
bacaan ”Al ” Syamsiyah dan ” Al” Qamariyah pada QS Al- ’Adliyat
Catatan :
Blitar, November 2009
Mengetahui
Guru
Pendidikan Agama Islam,
Kepala SMP ....
.................................................... ...................................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar