Senin, 14 Mei 2012

RPP SMP PAI 7 / Ganjil KD: Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (1)
                                   
Sekolah                       : SMP ....
Mata Pelajaran            : PAI
Kelas/Semester            : 7 / Ganjil                              
Standar Kompetensi   :  1. Menerapkan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah                                                                                                              
Kompetensi Dasar       :  1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Indikator                     :  1. Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Alokasi Waktu            :  1 X Pertemuan  ( 2 X 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :
      Siswa dapat membedakan hukum “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah

B. Materi Pokok :
Hukum  bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
      Perbedaan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dengan “Al” Qamariyah terletak pada cara membacanya, pada “Al” Syamsiyah “Al” tidak terbaca, sedangkan pada “Al” Qamariyah “Al” terbaca.

C.  Model Pembelajaran :
      Ceramah, Learning community, Inquirry

D.    Langkah-langkah pembelajaran :

No
Kegiatan
Waktu
Sumber Pembelajaran
1
Pendahuluan
a.   Mengadakan appersepsi
b.   Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran
c.   Membaca QS At-Takaatsur
10 menit

2
Kegiatan inti
a.   Secara individu siswa membaca dan  memahami materi cara membaca”Al” Syamsiyah dan “Al” Qomariayah.
b.   Siswa bersama-sama kelompoknya berdidskusi untuk mencari hukum bacaan”Al” Syamsiyah dan “Al” Qomariayah dalam QS At-Takaatsur serta cara membacanya.
c.   Perwakilan masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
d.  Guru memberikan klarifikasi dan penilaian terhadap masing-masing kelompok.
60 menit
1.Al-Quran
2.Buku tajwid
3.Buku PAI
   Kelas VI
3
Penutup
a.   Melakukan Refleksi
b.   Menugaskan siswa untuk menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS At-Takaatsur dengan benar.
10 menit
-   


E.  Penilaian :
    1.  Teknik                    :     a.   Tes Tulis / Lisan
b.   Tugas Individu
      2.  Bentuk Instrumen  :     a.   Uraian
b.   Unjuk kerja
                                                c.   Menyalin
      3.   Instrumen                    :
            a.  Soal Ulangan Harian Tulis :
     Jelaskan perbedaan hukum bacaan antara “Al” Syamsiyah dengan “Al” Qamariyah
b.   Soal Ulangan Harian Lisan               
Bacalah Surat At-Takaatsur, An-Nas dan Al-Qoriah dengan benar.
      Rubrik  penilaian
No
Nama  Siswa
Skor penilaian
Makhorijul huruf
Tajwid
Adabut tilawah
1
2
3





               Nilai  =   Jumlah skor yang di peroleh  x 100  = ................
                                  Jumlah skor maksimal

c.   Tugas Rumah  di kerjakan di buku tugas.
1)      Carilah hukum bacaan ”Al ” Syamsiyah dan ” Al” Qamariyah pada QS Adl-Dluha
2)      Carilah hukum bacaan ”Al ” Syamsiyah dan ” Al” Qamariyah pada QS Al- ’Adliyat

Catatan :






                                                                              
                                                                                                Blitar,      November 2009
            Mengetahui                                                                 Guru Pendidikan Agama Islam,
            Kepala SMP ....




            ....................................................                                ...................................................
            NIP.                                                                            NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar