Senin, 14 Mei 2012

RPP PAI SMP KELAS 7/GANJIL KD - Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (2)
                                   
Sekolah                       :  SMP ....
Mata Pelajaran            :  PAI
Kelas/Semester            :  7 / Ganjil                             
Standar Kompetensi   :  2. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman
                                           sifat-sifat-Nya                                                                                                               
Kompetensi Dasar       :  2.3.  Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT
              Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat
         Allah SWT
Indikator                     : 
1.      Menunjukkan tanda- tanda adanya Allah SWT.
2.      Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT, dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu            :  1 X Pertemuan  ( 2 X 40 menit )

A.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat
1.      Menunjukkan tanda- tanda adanya Allah SWT.
2.      Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT, dalam kehidupan sehari-hari.

B.  Materi Pokok :
Iman kepada Allah SWT.
  1. Tanda-tanda adanya Allah SWT.,adanya manusia ,bumi bintang, laut, gunung dan seluruh ciptaan-Nya serta berbagai macam peristiwa yang terjadi,seluruh isinya dst.
  2. Perilaku sebagai cermin keyakinan sifat-sifat Allah SWT, jika mendapat nikmat ucapkan syukur alhamdulillah, selalu dipanjatkan, melihat keagungan Allah lafadz sub-haanallah yang diucapakan, mendengar tertimba musibah lafadz innalillahio wa innaa ilaihi rooji’uun yang diucapkan dst.

C.  Model Pembelajaran : 
Ceramah, Learning community

D. Strategi Pembelajaran :
No
Kegiatan
Waktu
Sumber Pembelajaran
1
Pendahuluan
a.    Melaksanakan appersepsi
b.   Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.    Tadarus
10 menit

2
Kegiatan Inti
a.    Secara individu siswa membaca dan mengartikan dalil naqli  tentang sifat-sifat Allah SWT.
b.   Guru membagikan kartu yang berisi tentang dalil naqli sifat-sifat Allah SWT dan artinya.
c.    Secara individu siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (sifat Allah SWT, dalil dan artinya).
d.   Siswa yang sudah menemukan pasangannya mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
e.    Guru memberikan penjelasan yang dianggap perlu.
f.    Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok.
60 menit
1.Al-Qur’an
  dan Terjemah
2.Akidah      
   Islam
3.Buku PAI
   Kelas VII







3
Penutup
a.       Mengadakan refleksi
b.      Memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli tentang sifat sifat Allah SAW
10 menit


E. Penilaian
a.   Teknik                   :     1. Tes tulis
                                      2. Tugas individu

b.   Bentuk instrumen  :     1. Uraian singkat
                                      2.  Performance
c.   Soal                       :    
                                          1.  Sebutkan tanda-tanda adanya Allah SWT !
                                          2.  Berilah contoh sebagai cermin keyakinan akan sifat-sfat Allah
                                               SWT dalam kehidupan sehari-hari !

d.   Tugas                    :     Salinlah dalil naqli tentang sifat-sifat Allah di buku tugasmu !


Catatan :






                                                                              
                                                                                                Blitar,      November 2009
            Mengetahui                                                                 Guru Pendidikan Agama Islam,
            Kepala SMP ....




            ....................................................                                ...................................................
            NIP.                                                                            NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar