RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1)
Sekolah :
SMP ....
Mata Pelajaran :
PAI
Kelas/Semester :
7 / Ganjil
Standar
Kompetensi : 1. Menerapkan hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah.
Indikator : 1. Menjelaskan
pengertian “Al” Syamsiyah
2. Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah
3. Menyebutkan huruf “Al” Syamsiyah
4. Menjelaskan pengertian “Al” Qamariyah
5. Menjelaskan hukum bacaan “Al” Qamariyah
6. Menyebutkan huruf “Al” Qamariyah
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan
( 2 X 40 menit )
A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian “Al” Syamsiyah
2. Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah
3. Menyebutkan huruf “Al” Syamsiyah
4. Menjelaskan pengertian “Al” Qamariyah
5. Menjelaskan hukum bacaan “Al” Qamariyah
6. Menyebutkan huruf “Al” Qamariyah
B. Materi Pokok :
Hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
- Pengertian “Al”
Syamsiyah adalah “Al” atau Alif lam yang berhubungan dengan salah satu dari
hutuf-huruf syamsiyah
- Hukum bacaan “Al”
Syamsiyah adalah “Al” atau Alif lam yang berhubungan dengan salah satu dari
huruf-huruf syamsiyah.
- Huruf “Al”
Syamsiyah ada 14 : ﻦ‚ﻞ‚ﻅ‚ﻄ‚ﺾ‚‚ﺺ‚ﺶ‚ﺲ‚ﺯ‚ﺮ‚ﻨ‚ﺩ‚ﺙ‚ﺕ
- Pengertian “Al”
Qamariyah adalah Al yang berhubungan dengan salah satu dari huruf Qamariyah.
- Hukum bacaan “Al”
Qamariyah adalah Al yang berhubungan dengan salah satu dari huruf Qamariyah.
- Huruf “Al”
Qamariyah ada 14 : ﻲ‚ﻫ‚ﻭ‚ﻦ‚ﻡ‚ﻙ‚ﻕ‚ﻒ‚ﻍ‚ﻉ‚ﺥ‚ﺡ‚ﺝ‚ﺍ
Ceramah, Learning community, Inquirry
D. Langkah-langkah pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Sumber Pembelajaran
|
1
|
Pendahuluan
a.
Mengadakan
appersepsi
b.
Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan
pembelajaran.
|
10 menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu
siswa membaca dan memahami uraian materi hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan “Al”
Qamariayah
b.
Siswa bersama
kelompoknya berdidkusi tentang macam-macam bacaan Alif lam, serta mengelompokkan
huruf Syamsiyah dan Qamariyah.
c.
Perwakilan
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas secara
bergantian.
d. Guru memberikan klarifikasi dan peniaian terhadap masing-masing
kelompok
|
60
menit
|
1.
Al-Quran
2.
Buku Tajwid
3.
Buku PAI
Kelas VII
|
3
|
Penutup
a. Melakukan
refleksi
b. Menugaskan
siswa untukmencari contoh bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al”
Qamariayah dalam QS At-Takaatsur
|
10 menit
|
-
|
E. Penilaian :
1. Teknik : a. Tes Tulis / Lisan
b.
Tugas Individu
2. Bentuk Instrumen :
a. Uraian
b. Unjuk kerja
c.
Menyalin
3. Instrumen :
a. Soal ulangan harian tulis :
1)
Jelaskan pengertian
Syamsiyah
2)
Jelaskan hukum
bacaan Syamsiyah
3)
Sebutkan huruh
Syamsiyah
4)
Jelaskan pengertian
Qamariyah
5)
Jelaskan hukum
bacaan Qamariyah
6)
Sebutkan huruh Qamariyah
b. Soal ulangan harian lisan
Bacalah
QS At-Takaatsur, An-Naas dan Al-Qori’ah dengan benar.
Rubrik penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Skor penilaian
|
||
Makhorijul huruf
|
Tajwid
|
Adabut tilawah
|
||
1
2
3
|
|
|
|
|
Nilai = Jumlah skor yang di peroleh x 100 =
................
Jumlah skor
maksimal
c. Tugas rumah dikerjakan di buku tugas
1)
Carilah hukum
bacaan ”Al ” Syamsiyah dan ” Al” Qamariyah pada QS Adl-Dluha
2)
Carilah hukum
bacaan ”Al ” Syamsiyah dan ” Al” Qamariyah pada QS Al- ’Adliyat
Catatan :
Blitar, November 2009
Mengetahui
Guru
Pendidikan Agama Islam,
Kepala SMP ....
.................................................... ...................................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar