Senin, 14 Mei 2012

RPP PAI SMP Kelas 7/ Ganjil KD Menjelaskan perbedaan hadas dan najis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (5)
                                   
Sekolah                       :  SMP ....
Mata Pelajaran            :  PAI
Kelas/Semester            :  7 / Ganjil                             
Standar Kompetensi   :  5. Memahami ketentuan-ketentuan Thaharah (bersuci)
Kompetensi Dasar       :  5.3.  Menjelaskan perbedaan hadas dan najis
Indikator                     : 
1.      Menyebutkan macam-macam hadats
2.      Menyebutkan macam-macam najis
3.      Menjelaskan cara menghilangkan hadats.
4.      Menjelaskan cara menghilang najis
Alokasi Waktu            :  1 X Pertemuan  ( 2 X 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :                    
  1. Siswa dapat menyebutkan macam-macam hadats
  2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis
  3. Siswa dapat menjelaskan cara menghilangkan hadats     
  4. Siswa dapat menjelaskan cara menghilangkan najis

B.  Materi Pokok :
Thaharah (bersuci)
  1. Macam-macam hadats : hadats besar, hadats kecil.
  2. Macam-macam najis    : mukhoffafah, mutawasithoh, mugholadloh.
  3. Cara menghilangkan hadats besar, dengan mandi junub.
  4. Cara menghilangkan najis :
a.       mukhoffafah, memercikkan air pada tempat yang terkena
b.      mutawasithoh, disiram dengan air suci sehingga dzat, bau dan warnanya hilang.
c.       mugholadloh, disiram air tujuh kali dan salah satunya dengan debu atau tanah.

C. Model Pembelajaran :  
Ceramah, learning community, unjuk kerja

D. Strategi Pembelajaran :

No
Kegiatan
Waktu
Sumber Pembelajaran
1
Pendahuluan
a.       Melaksanakan appersepsi
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran
c.       Tadarus
10 menit
1.Fiqih Sulaiman
   Rosyid
2.Buku PAI
   Kelas VII
2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu siswa membaca dan memahami materi  tentang materi  ketentuan-ketentuan perbedaan hadats dan najis.
b.      Secara kelompok siswa berdiskusi tentang   perbedaan hadats dabn najis.
c.       Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lainnya.
d.      Guru memberi penjelasan, kesimpulan dan hal-hal lain yang dianggap perlu.               
e.       Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kkelompok.
60 menit











-  
3
Penutup
a.       Mengadakan refleksi
b.      Menyalin dalil tentang hadas dan najis di buku tugas.
10 menit


E. Penilaian :

  1. Teknik                      :     1. Tes tulis  
                                             2. Tugas individu

b.    Bentuk Instrumen   :     1. Uraian
                                                   2. Menyalin dalil yang berkaitan dengan mandi, hadats dan najis

c.    Soal ulangan tulis    :     1.   Sebutkan macam-macam hadats
                                             2.   Sebutkan macam-macam najis
                                             4.   Bagaimana cara menghilangkan hadats besar
                                             5.   Bagaimana cara menghilangkan najis mugholadloh


Catatan :

                                                                      
                                                                                                Blitar,      November 2009
            Mengetahui                                                                 Guru Pendidikan Agama Islam,
            Kepala SMP ....




            ....................................................                                ...................................................
            NIP.                                                                            NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar