RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (4)
Sekolah : SMP ....
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester :
7 / Ganjil
Standar
Kompetensi : 5. Memahami
ketentuan-ketentuan Thaharah (bersuci)
Kompetensi Dasar : 5.1. Menjelaskan ketentuan Wudlu dan Tayamum
Indikator :
1.
Menjelaskan pengertian
wudlu
2.
Menjelaskan pengertian
tayamum.
3.
Menjelaskan hal-hal
yang membatalkan wudlu
4.
Menunjukkan hal-hal
yang membatalkan tayamum
5.
Menjelaskan tata
cara wudlu
6.
Menjelaskan
tata cara tayamum
7.
Menyebutkan
perbedaan wudlu dan tayamum
8.
Mempraktikkan wudlu
9.
Mempraktikkan
tayamum
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan
( 2 X 40 menit )
A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat
- Menjelaskan pengertian
wudlu
- Menjelaskan pengertian
tayamum.
- Menjelaskan hal-hal yang
membatalkan wudlu
- Menunjukkan hal-hal yang
membatalkan tayamum
- Menjelaskan tata cara
wudlu
- Menjelaskan tata cara tayamum
- Menyebutkan perbedaan wudlu
dan tayamum
- Mempraktikkan wudlu
- Mempraktikkan tayamum
B. Materi
Pokok :
Thaharah (Bersuci)
- Pengertian wudlu adalah : membasuh anggota badan tertentu
secara bergantian dari anggota
sebelah kanan ,kemudian sebelah kiri dengan berurutan serta dengan syarat
dan rukun tertentu .
- Pengertian tayamum adalah
: menyapukan (mengusapkan) debu/tanah ke wajah dan kedua tangan.
- Hal-hal yang membatalkan wudlu : keluarnya sesuatu dari lubang kubur
dan kemaluan, hilang akal/gila, menyentuh dubur/kemaluan dengan telapak
tangan dst .
- Bersetuhan kulit laki-laki
dengan perempuan dewasa yang bukan muhrim, tidur yang tidak menetapkan pantat .
- Yang membatalkan wudlu
juga membatalkan tayamum
- Cara berwudlu : niat,
membasuh muka, membasuh kedua tangan sampai siku, mengusap kepala,
membasuh kaki sampai mata kaki, tertib .
- Mengusap muka dengan debu,
kemudian mengusap tangan dan tertib
C. Model Pembelajaran :
Ceramah, Learning community, unjuk kerja
D. Strategi Pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Sumber
Pembelajaran
|
1
|
Pendahuluan
a.
Melaksanakan
appersepsi
b.
Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.
Tadarus
|
10 menit
|
1.Fiqih Sulaiman
Rosyid
2.Buku PAI
Kelas VII
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu
siswa membaca dan memahami materi
tentang materi
ketentuan-ketentuan wudlu dan tayamum
b.
Secara kelompok
siswa berdiskusi tentang ketentuan wudlu
dan tayamum .
c.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh
kelompok lainnya.
d.
Guru memberi
penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu.
e.
Guru memberikan
penilaian terhadap masing-masing kelompok.
|
60 menit
|
-
|
3
|
Penutup
a.
Mengadakan
refleksi
b.
Menyalin dalil
tentang wudlu, di tulis di buku tugas.
|
10menit
|
-
|
E. Penilaian :
a. Teknik : 1. Tes tulis
2.
Tugas individu
b. Bentuk
Instrumen : 1. Uraian
2. Menyalin dalil yang berkaitan dengan mandi, hadats dan
najis
c. Soal ulangan
tulis : 1.
Jelaskan pengertian
wudlu !
2.
Jelaskan pengertian tayamum !
3.
Sebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu !
4. Sebutkan hal-hal yang membatalkan tayamum !
5. Sebutkan anggota yang harus dibasuh ketika wudlu
!
6. Sebutkan anggota yang harus dibasuh ketika
tayamum !
7. Apakah perbedaan wudlu dengan tayamum !
8. Sebutkan
urutan cara berwudlu !
9. Sebutkan urutan cara tayamum !
Catatan :
Blitar, November 2009
Mengetahui
Guru
Pendidikan Agama Islam,
Kepala SMP ....
.................................................... ...................................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar