RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (6)
Sekolah : SMP ....
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester :
7 / Ganjil
Standar
Kompetensi : 6. Memahami tata cara shalat.
Kompetensi Dasar : 6.1. Menjelaskan ketentuan shalat wajib
Indikator :
1.
Mengartikan
bacaan-bacaan dalam shalat
2.
Mengartikan dalil
yang berkaitan dengan shalat wajib
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan
( 2 X 40 menit )
Pertemuan ke : 2
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat
mengartikan bacaan-bacaan dalam shalat
2.
Siswa dapat mengartikan
dalil yang berkaitan dengan shalat wajib
B.
Materi Pokok :
Arti bacaan-bacaan dalam shalat
1. Bacaan ruku’
artinya : Maha suci Tuhanku yang Maha besar dan Maha terpuji
Bacaan duduk diantara dua sujud artinya : Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, cukupkanlah aku,
angkatlah derajatku , berilah rezeki
kepadaku, berilah aku petunjuk, dan berilah kesehatan serta maafkanlah kesalahannku.
Bacaan
sujud artinya : Maha suci Tuhanku yang Maha tinggi dan Maha terpuji .
2. Mengartikan hadits yang
berkaitan dengan shalat :
ϼu A ÏÃÌÀNÍCi BÀ· A̼u
Artinya : shalatlah kamu sebagaimana kamu lihat aku shalat
C. Model
Pembelajaran :
Ceramah, Demontrasi
D. Strategi
Pembelajaran :
No.
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Melaksanakan
appersepsi
b.
Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.
Tadarus
|
10 menit
|
Fiqih Sunnah
Petunjuk Shalat
Buku
PAI
Kelas
VII
|
2.
|
Kegiatan
inti
a.
Secara
individu siswa menghafalkan
bacaan shalat wajib.
b.
Secara individu
dalam kelompok siswa mencatat kesalahan/kekurangan yang dilakukan lalu
diamati kemudian langsung membetulkan kesalahannya
c.
Perwakilan tiap
kelompok melaporkan kesalahan teman yang diamati di depan kelas
d.
Secara individu
siswa yang diamati memberi tanggapan atas laporan yang disampaikan oleh
temannya
e.
Guru memberi
penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu
f.
Guru memberikan
penilaian terhadap masing-masing kelompok
|
60 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Guru bersama
siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.
Guru memberi
tugas untuk menghal bacaan shalat dan
menyalinnya dibuku tugas
c.
Siswa diminta
untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan bacaan shalat wajib
|
10 menit
|
|
E. Penilaian
:
a. Teknik : 1. Tes Unjuk Kerja
c. Bentuk Instrumen :
1. Jawaban singkat
2.
Praktik
d. Soal Ulangan Tulis :
1. Peragakan gerakan ruku’ dan i’tidal
yang benar !
2.
Praktikkan shalat wajib (shubuh) dengan benar di hadapan
teman-temanmu !
e. Praktik Shalat
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah
|
|||||||||||||
Niat
|
Takbirotul Ikhram
|
Do’a Iftitah
|
Bacaan Fatechah
|
Bacaan Surah
pendek
|
Ruku’ dan bacaan
tasbih ruku
|
I’tidal
|
Do’a I’tidal
|
Sujud dan tasbih
sujud
|
Duduk iftirosy
|
Do’a duduk antara
dua sujud
|
Duduk akhir
(tawaruk)
|
Do’a tasahud
akhir
|
Salam
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai : =
f. Tugas
Mempraktikkan bacaan dzikir dan do’a sesudah shalat
Catatan :
Blitar, November 2009
Mengetahui
Guru
Pendidikan Agama Islam,
Kepala SMP ....
.................................................... ...................................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar