Senin, 14 Mei 2012

RPP PAI SMP 7/GANJIL KD: Menerapkan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (1)
                                   
Sekolah                       : SMP ....
Mata Pelajaran            : PAI
Kelas/Semester            : 7 / Ganjil                              
Standar Kompetensi   :  1. Menerapkan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah                                                                                                              
Kompetensi Dasar       :  1.3 Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Indikator                     :  1. Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dalam bacaan surat surat Al- 
                                           Quran dengan benar.
2. Menerapkan bacaan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat surat Al-      
    Quran dengan benar
Alokasi Waktu            :  1 X Pertemuan  ( 2 X 40 menit )
             
A.  Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa dapat menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dalam bacaan surat surat Al-Quran dengan benar.
  2. Siswa dapat menerapkan bacaan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat surat Al-Quran dengan benar
                             
B.  Materi Pokok :
Hukum  bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
  1. Mencari bacaan “Al” Syamsiyah dalam Surat Adl-Dluha
  2. Mencari bacaan “Al” Qamariyah dalam Surat Adl-Dluha


C.  Model Pembelajaran : 
Ceramah, Learning community, Inquirry

D. Langkah-langkah pembelajaran :
No
Kegiatan
Waktu
Sumber Pembelajaran
1
Pendahuluan
a.       Mengadakan Appersepsi
b.      Menjelaskan Kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran.
c.       Guru membacakan surat An Nas dan Al Qoriah.
10 menit

2
Kegiatan  Inti
a.       Secara individu siswa membaca surat At-Takaatsur, An Nas dan Al Qoriah
b.      Secara individu dalam kelompok sisiwa membaca surat At-Takaatsur, An-Nas dan Al-Qori’ah secara bergantian dan dinilai oleh anggota kelompoknya.
c.       Perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil penilaian di depan kelas secara bergantian.
d.      Guru memberikan klarifikasi dan penilaian terhadap masing-masing kelompok.
60 menit
1.Al-Quran
2.Buku Tajwid
3.Buku PAI
   Kelas VI
3
Penutup
a.       Melakukan refleksi
b.      Menugaskan siswa untuk menyalin QS At-Takaatsur, An-Nas, Al-Qoriah dan memberi garis bawah pada lafadh yang terdapat bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
10 menit
-   

E.  Penilaian               :
    1.  Teknik                    :     a.   Tes Tulis / Lisan
                                                b.   Tugas Individu
      2.   Bentuk Instrumen :    a.   Uraian
                                                b.   Unjuk kerja
                                                c.   Menyalin
      3.   Instrumen              :
            a.   Soal Ulangan Harian Tulis :
1)      Tuliskan contoh  “Al” Syamsiyah
2)      Tuliskan contoh  “Al” Qamariyah

b.   Soal Ulangan Harian Lisan               
Bacalah Surat At-Takaatsur, An-Nas dan Al-Qoriah dengan benar.
           Rubrik  penilaian
No
Nama  Siswa
Skor penilaian
Makhorijul huruf
Tajwid
Adabut tilawah
1
2
3





               Nilai  =   Jumlah skor yang di peroleh  x 100  = ................
                                  Jumlah skor maksimal

c.   Tugas Rumah  di kerjakan di buku tugas.
1)      Carilah hukum bacaan ”Al ” Syamsiyah dan ” Al” Qamariyah pada QS Adl-Dluha
2)      Carilah hukum bacaan ”Al ” Syamsiyah dan ” Al” Qamariyah pada QS Al- ’Adliyat

Catatan :






                                                                              
                                                                                                Blitar,      November 2009
            Mengetahui                                                                 Guru Pendidikan Agama Islam,
            Kepala SMP ....




            ....................................................                                ...................................................
            NIP.                                                                            NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar