RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1)
Sekolah :
SMP ....
Mata Pelajaran :
PAI
Kelas/Semester :
7 / Ganjil
Standar
Kompetensi : 1. Menerapkan hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Kompetensi Dasar : 1.3 Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al”
Qamariyah
Indikator : 1. Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dalam
bacaan surat surat Al-
Quran dengan benar.
2. Menerapkan bacaan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat surat Al-
Quran dengan benar
Alokasi Waktu :
1 X Pertemuan ( 2 X 40 menit )
A. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menerapkan
bacaan “Al” Syamsiyah dalam bacaan surat surat Al-Quran dengan benar.
- Siswa dapat menerapkan
bacaan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat surat Al-Quran
dengan benar
B. Materi Pokok :
Hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
- Mencari bacaan “Al”
Syamsiyah dalam Surat Adl-Dluha
- Mencari bacaan “Al” Qamariyah
dalam Surat Adl-Dluha
C.
Model Pembelajaran :
Ceramah, Learning
community, Inquirry
D. Langkah-langkah pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Sumber
Pembelajaran
|
1
|
Pendahuluan
a.
Mengadakan
Appersepsi
b.
Menjelaskan
Kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran.
c.
Guru membacakan
|
10 menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu siswa membaca
b.
Secara individu dalam kelompok sisiwa membaca
c.
Perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil penilaian di depan kelas secara bergantian.
d.
Guru memberikan
klarifikasi dan penilaian terhadap masing-masing kelompok.
|
60
menit
|
1.Al-Quran
2.Buku
Tajwid
3.Buku
PAI
Kelas VI
|
3
|
Penutup
a.
Melakukan refleksi
b.
Menugaskan siswa untuk menyalin QS At-Takaatsur,
An-Nas, Al-Qoriah dan memberi garis bawah pada lafadh yang terdapat bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
|
10 menit
|
-
|
E. Penilaian :
1. Teknik : a.
Tes Tulis / Lisan
b. Tugas Individu
2. Bentuk Instrumen : a. Uraian
b. Unjuk kerja
c. Menyalin
3. Instrumen :
a. Soal Ulangan Harian Tulis :
1)
Tuliskan contoh “Al” Syamsiyah
2)
Tuliskan contoh “Al” Qamariyah
b. Soal Ulangan Harian
Lisan
Bacalah Surat At-Takaatsur, An-Nas dan Al-Qoriah dengan benar.
Rubrik
penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Skor penilaian
|
||
Makhorijul huruf
|
Tajwid
|
Adabut tilawah
|
||
1
2
3
|
|
|
|
|
Nilai = Jumlah
skor yang di peroleh x 100 = ................
Jumlah skor
maksimal
c. Tugas Rumah di kerjakan di buku tugas.
1)
Carilah hukum
bacaan ”Al ” Syamsiyah dan ” Al” Qamariyah pada QS Adl-Dluha
2)
Carilah hukum
bacaan ”Al ” Syamsiyah dan ” Al” Qamariyah pada QS Al- ’Adliyat
Catatan :
Blitar, November 2009
Mengetahui
Guru
Pendidikan Agama Islam,
Kepala SMP ....
.................................................... ...................................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar