RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (7)
Sekolah : SMP ....
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : 7 / Ganjil
Standar
Kompetensi : 7. Memahami tata cara shalat jama’ah dan munfarid.
Kompetensi Dasar : 7.1. Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan
munfarid.
Indikator :
1.
Menjelaskan
pengertian shalat jama’ah
2.
Menjelaskan
pengertian shalat munfaid
3.
Menyebutkan
ketentuan shalat berjama’ah
4.
Menunjukkan hadits
tentang keutamaan shalat jama’ah
Alokasi Waktu :
1 X Pertemuan ( 2 X 40 menit )
A.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian shalat jama’ah
2.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian shalat munfaid
3.
Siswa dapat
menyebutkan ketentuan shalat berjama’ah
4.
Siswa dapat
menunjukkan hadits tentang keutamaan shalat jama’ah
B. Materi Pokok :
Shalat jama’ah dan munfarid
1.
Pengertian shalat
berjama’ah adalah shalat yang dilakukan bersama-sama
2.
Pengertian shalat
munfarid adalah shalat yang dikerjakan sendirian
3.
Ketentuan shalat
berjama’ah, ma’mum masbuk dan ma’mum muwafiq, masbuk yang terlambat, muwafiq
yang tidak terlambat, cara mengingatkan imam, cara mengganti imam
4.
Hadits keutamaan shalat
berjama’ah :
&nbrp;
Artinya : Shalat
berjama’ah lebih utama dari shola sendiri dengan 27 derajat.
(HR. Bukhory
Muslim)
C. Model
Pembelajaran :
Ceramah,
Learning community, unjuk kerja
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
Pendahuluan
a.
Melaksanakan
appersepsi
b.
Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran
c.
Tadarus
|
10 menit
|
1.Fiqih Sunnah
2.Petunjuk
Shalat
3.Buku PAI
Kelas VII
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara
individu dalam kelompok siswa membaca
dan menelaah materi shalat ja’ah dan munfarid.
b.
Masing-masing kelompok siswa berdiskusi tentang ketentuan
sholaat jama’ah
c.
Masing-masing
perwakilan kelompok mepresentasikan di depan kelas dan kelompok lainnya
meberikan tanggapan .
d.
Guru memberi
penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu.
e.
Guru memberikan
penilaian terhadap masing-masing kelompok.
|
60 menit
|
|
3
|
Penutup
a.
Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses
dan hasil belajar.
b.
Guru memberi
tugas untuk menyalin dan menghafal
hadits tentang shalat berjamah.
c.
Siswa di minta
untuk mengamati shalat jamaah di
masjid atau mushola.
|
10 menit
|
|
E. Penilaian :
a. Teknik : 1. Tes tulis
2. Tugas individu
b. Bentuk
Instrumen : 1 . Uraian
2. Menyalin
c. Soal ulangan
tulis : 1. Jelaskan pengertian shalat berjama’ah !
2.
Jelaskan pengertian shalat munfarid !
3. Sebutkan ketentuan shalat
berjama’ah !
4.
Tulislah haditstentang keutamaan berjama’ah !
d. Praktik
Masing-masing kelompok mempraktikkan shalat berjamaah
No
|
Aspek yang di nilai
|
Skor hasil penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
2
3
4
5
|
Penyusunan shaf shalat
berjama’ah
Imam melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan.
Makmum
sesuai dengan tata cara makmum.
Imam membaca
bacaan shalat dengan fasih
Keseriusan melaksanakan shalat berjama’ah
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
|
Nilai = Jumah sekor yang di peroleh X
100 =
Jumlah skor maksimal
e. Tugas :
1.
Menyalin dalil yang berkaitan dengan shalat wajib
2.
Menyalin semua
bacaan dalam shalat
3.
Menulis do’a
sesudah shalat.
Catatan :
Blitar, November 2009
Mengetahui
Guru
Pendidikan Agama Islam,
Kepala SMP ....
.................................................... ...................................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar