Senin, 14 Mei 2012

RPP PAI SMP Kelas 7/ Ganjil KD Menjelaskan ketentuan shalat wajib


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (6)
                                   
Sekolah                       :  SMP ....
Mata Pelajaran            :  PAI
Kelas/Semester            :  7 / Ganjil                             
Standar Kompetensi   :  6. Memahami tata cara shalat.
Kompetensi Dasar       :  6.1.  Menjelaskan ketentuan shalat wajib
Indikator                     : 
1.      Menjelaskan pengertian shalat wajib
2.      Menyebutkan syarat  shalat wajib
3.      Menyebutkan rukun-rukun shalat wajib 
Alokasi Waktu            :  1 X Pertemuan  ( 2 X 40 menit )
Pertemuan ke              :  1

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat wajib
  2. Siswa dapat menyebutkan syarat shalat wajib 
  3. Siswa dapat  rukun-rukun shalat wajib 

B.  Materi Pokok :
Shalat wajib
  1. Shalat wajib adalah : suatu perkataan dan perbuatan yang diawali dengan takbirotul ikhram dan diakhiri dengan salam dengan beberapa syarat tertentu .           
  2. Syarat shalat wajib : Islam, baligh, berakal, suci dari haid dan nifas, terjaga (tidak tidur) dst.
  3. Rukun shalat adalah : niat , berdiri bagi yang mampu, takbirotul ihram, membaca surat al fatihah, rukuk dengan tuma’ninah dst.  

C.  Model  Pembelajaran  :
      Ceramah, Learning community                                      

D. Strategi  Pembelajaran :   
No.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
Sumber Belajar
1.
Pendahuluan
a.       Melaksanakan appersepsi
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.       Tadarus

10 menit
Fikih Sunah 
Petunjuk shalat
Buku PAI 
Kelas VII
2.
Kegiatan inti
a.       Secara individu siswa membaca dan memahami tentang materi shalat wajib
b.      Secara kelompok siswa berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan shalat wajib
c.       Secara kelompok siswa mengkasifikasikan syarat-syarat shalat wajib, rukun shalat wajib.
d.      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kemudian kelompok yang lain memberi tanggapan
e.       Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu
f.       Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok

60 menit

3.
Penutup
a.       Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.      Guru memberi tugas untuk menyalin dan mengartikan dalil shalat QS Al Ankabut : 45 dan QS Thoha : 132
c.       Siswa diminta untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan shalat
10 menit



E.  Penilaian :
a. Teknik                        :  1. Tes Tulis
                                          2. Tugas individu
c. Bentuk Instrumen      : 1. Uraian
d. Soal Ulangan Tulis     : 1. Jelaskan pengertian shalat 
                                          2. Sebutkan 4 syarat wajib shalat
                                          3. Sebutkan 13 rukun shalat 
                                                 
Catatan :
                                                                     
                                                                                                Blitar,      November 2009
            Mengetahui                                                                 Guru Pendidikan Agama Islam,
            Kepala SMP ....




            ....................................................                                ...................................................
            NIP.                                                                            NIP.




  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar